Jumat, 27 Mei 2022

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

 PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH


Pertemuan       : 4

Hari/tanggal    : Rabu, 25 Mei 2022

Moderator       : Helwiyah

Narasumber     : Noralia Purwa Yunita, M.Pd.

Gelombang      : 26

Dulu sewaktu sedang menyususn skripsi penulis pernah mendengar bahwa skripsi tersebut dapat dibukuan atau dijadikan buku dan dipublikasikan. Pun dengan saat mengikuti diklat kenaikan pangkat yang dilaksanan secara daring. Di kelas Grup WA Belajar Menulis pertemuan keempat kali ini membahas hal tersebut dan semakin memberi pencerahan tentang bagaimana karya tulis dipublikasikan menjadi sebuah buku.

Kelas dibuka oleh moderator, ibu Helwiyah seorang guru SD di Jakarta timur. Sesi pertemuan tepat dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB. Di awal pembukaan moderator menyebuut peserta grup WA Belajar Menulis dengan sebutan PLN yang merupakan akronim dari Pegiat Literasi Nasional. Sungguh suatu keberuntungan menjadi peserta Belajar Menulis dan menjadi penerang literasi di negeri tercinta, Indonesia.

Narasumber sesi ini adalah ibu Noralia Purwa Yunita, M.Pd. Seorang pengajar di SMPN 8 Semarang. Selain mengajar, juga aktif menulis di blog dan tergabung dalam komunitas sejuta guru ngeblog, penulis baru di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, penulis di Penerbit Andi Offset, penulis dan Ambassador di penerbit Innovasi Publishing, salah satu tim admin di website guru penggerak, Pengurus pena guru di yayasan guru nusantara, anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan IPA, serta Pembimbing ekstrakurikuler KIR SMP.

Prestasi yang telah beliau raih dari tahun 2021-2022 sungguh luar biasa, di antaranya; Juara 3 lomba blog nasional pada HUT penerbit YPTD 2021, Peraih medali perunggu pada Olimpiade kimia nasional kategori guru tahun 2021, Peraih medali perak pada Olimpiade sains nasional bidangbilmu kimia lingkungan kategori guru tahun 2022, Reviewer Indonesian Journal of Business Analytic (IJBA) 2021-2022, Penulis tetap artikel populer dalam  rubrik Guru Bicara Pendidikan di Majalah Aksioma Bandung tahun 2022, Juara 4 lomba blog nasional dalam rangka 2 tahun blog penamrbams.id tahun 2022, 5 artikel terbaik dalam lomba blog nasional Media Guru tahun 2022.

Prestasi tersebut berbanding lurus dengan karya tulis ilmiah yang beliau hasilkan. Dari artikel ilmiah, artikel ilmiah populer, buku seri, buku solo dan seabrek buku antologi. Tak hanya dalam karya tulis beliau pun merupakan narasumber yang profesional karena telah menjadi narasumber dalam pelatihan maupun seminar baik tingkat regional sampai tingkat nasional.

Dalam sesi pertemuan kali ini dibagi menjadi dua, Membuat Buku dari KTI (Karya Tulis Ilmiah) dan Menulis Artikel ilmiah untuk Jurnal dari KTI.

Bagaiana caranya membuat buku dari KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang sudah pernah dibuat?

1. Mengubah judul KTI yang terkesan kaku dan ilmiah menjadi judul populer yang menarik dan eye catching

Judul karya ilmiah versi buku hanya berfokus pada objek penelitian saja. Hilangkan materi, subjek, tempat penelitian. Sebagai contoh “Efektivitas SEM Berbasis Mind Map pada mata pelajaran Kimia untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa materi pokok reaksi Redok”. Judul ini merupakan judul skripsi yang terkesan kaku, kurang menarik, terlalu ilmiah, panjang, dan kurang eye catching. Nah, bila diubah menjadi seperti ini, “Metode SEMMI dalam Pembelajaran Sains Abad 21”. Lebih singkat, padat dan jelas namun tidak terkesan kaku.

2. Mengubah DAFTAR ISI

Biasanya untuk beberapa karya ilmiah, daftar isi berupa;

Bab 1 Pendahuluan berisi latar belakang masalah, tujuan, manfaat, batasan masalah

Bab 2 landasan teori

Bab 3 metode penelitian yang berisi rumus2 statistika

Bab 4 hasil dan pembahasan

Bab 5 penutup yang berisi kesimpulan dan saran.

Namun ketika diubah menjadi buku, daftar isi menjadi (mengikuti pedoman 2W+1H);

Bab 1 (Why) menjelaskan masalah umum pembelajaran sains, pentingnya metode pembelajaran yang menarik untuk siswa, alasan metode SEMMI dalam pembelajaran

Bab 2( Apa) menjelaskan apa itu metode pembelajaran, metode SEMMI, karakteristik metode, pembelajaran sains abad 21

Bab 3,4,5, dan seterusnya ( How ) menjelaskan bagaimana tahap pembuatan, bagaimana hasil pembuatan, bagaimana penerapannya.

3. Pada Bab I Karya ilmiah yang biasanya menuliskan tentang:

- Rumusan masalah

- Tujuan penelitian

- Manfaat penelitian

- Definisi operasional

- Hasil penelitian terkait

Ini semua harus dihapus ketika mengkonversinya menjadi buku

4. Boleh menampilkan grafik tetapi jangan terlalu banyak. grafik yang penting saja. Grafik lain yang tidak ditampilkan, ubah dalam bentuk kalimat.

5. Mengubah gaya kebahasaan dan penyajian

Gaya bahasa dan penyajian karya ilmiah versi buku haruslah berbeda dengan versi laporan. Susunan dan gaya tulisan bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing sesuai dengan pengalaman dan bahan bacaannya. Semakin literatnya penulis maka akan semakin oke buku yang dia tulis. Hal ini karena membaca, berpikir dan menulis adalah satu rangkaian literasi yang tidak dapat dipisahkan. Selain itu, kita harus mengupayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi karya ilmiah kita diubah menjadi buku.

6. Mengaitkan dengan kondisi terkini agar buku kita lebih mengikuti jaman.

7. Daftar pustaka boleh menggunakan blog namun situs blog resmi seperti Kemendikbud.go.id, Jurnal ilmiah, e book, atau karya ilmiah lainnya. Namun, hindari menggunakan daftar pustaka berupa blog pribadi dengan domain blogspot, wordpress, dan lain sebagainya.

8. Memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan penelitian yang anda lakukan agar pembaca yakin bahwa anda benar-benar telah melakukan penelitian tersebut

9. Karya ilmiah versi buku minimal 70 halaman format A5 dengan  huruf, jenis huruf, dan margin disesuaikan Dengan aturan Penerbit

Sesi pun berlanjut pada materi berikutnya yaitu, Menulis Artikel ilmiah untuk jurnal dari KTI (Karya Tulis Ilmiah). Berikut adalah tips dan trik menulis artikel ilmiah:

1.      Tulis artikel sesuai dengan template jurnal yang dituju.

Biasanya ini yang tidak diperhatikan. Tiap jurnal pasti memiliki template yang berbeda. Jika artikel yang masuk tidak sesuai template, otomatis akan langsung ditolak oleh pengelola sebagus apapun penelitiannya.

1. Perhatikan Penulisan Judul

Penulisan judul singkat, padat, jelas, dan tetap ilmiah. Hindari penggunaan singkatan pada judul dan kata kunci wajib disematkan dalam judul.

2. Baris kepemilikan

Baris kepemilikan artinya peneliti atau penulis artikel tersebut. Dalam hal ini yang benar-benar terlibat baik dalam hal perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian hingga pelaporan penelitian. Baris kepemilikan biasanya mencantumkan nama (tanpa gelar), instansi, jabatan akademik.

3. Abstrak

Abstrak biasanya berisi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan. Karena jumlah kata dalam abstrak sangatlah terbatas (panjang abstrak tiap jurnal berbeda), maka latar belakang masalah dan tinjauan Pustaka tidak perlu dimasukkan. Penulisan keyword pada abstrak, sebaiknya 3 sampai 5 KATA, dipisahkan ;, dan tanpa kata penghubung.

4. Pendahuluan

Pendahluan berisi latar belakang masalah, sedikit tinjauan Pustaka, rumusan masalah dan tujuan penelitian.

5. Metodologi penelitian (Bagaimana caranya memecahkan masalah tersebut?)

Pada bagian metode penelitian, hindari penulisan rumus statistika yang berlebihan. Bagian ini cukup berisi subyek penelitian, desain penelitian (dalam bentuk bagan), teknik pengambilan data, analisis data (tanpa rumus statistika). wajib ada juga sumber rujukan dari metode yang digunakan.

6. Hasil dan Pembahasan (Apa yang ditemukan dan apa maknanya?)

Perbanyak penggunaan tabel atau diagram untuk menyajikan hasil penelitian. Pembahasan hasil penelitian dikaitkan dengan teori yang sudah dikemukakan oleh ahli sebelumnya.

7. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah yang diajukan dan ditulis dalam bentuk paragraf (bukan numerical). Namun tata cara penulisan tetap mengacu pada template yang ada pada jurnal yang dituju.

Narasumber dengan sangat apik menjawab setiap petanyaan yang diajukan peserta Bisa Menulis. Di akhir sesi beliau menutup dengan statemen “Dapat menghasilkan karya di tengah kegiatan itu biasa namun dapat berkarya dengan kesibukan yang begitu banyaknya, itu baru istimewa. Semoga dengan ilmu yang diberikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan peserta pelatihan Bisa Menulis bisa mengikuti jejak beliau untuk terus menulis dan mengganungkan semangat literasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ULANGAN HARIAN TEMATIK KELAS 1

Kerjakan soal berikut ini! Memuat…