Jumat, 10 Juni 2022

MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH



Pertemuan       : 11

Hari/tanggal    : Jumat, 10 Juni 2022

Moderator       : Mutmainah

Narasumber     : Widya Setianingsih, S.Ag,

Gelombang      : 26

Pertemuan kesebelas dipimpin oleh ibu Mutmainah selaku moderator. Berasal dari Lebak, Banten. Merupakan murid Om Jay di kelas Belajar Menulis geolmbang 24. Sebelum memulai belajar dan mengenalkan narasumber, moderator memantik semangat peserta dengan membagikan quote There's always a first time for everything. Selalu ada pengalaman pertama untuk segala sesuatu, dan untuk kesalahan dalam pengalaman pertama segala kesalahan termaafkan sedangkan keberhasilan adalah luar biasa. I will never know until I try. Kalau saya tidak mencoba maka saya tidak akan tahu apakah saya melakukan kesalahan atau kegagalan atau menjadi sukses. Bagaimana pun jadinya nanti saya tetap mendapatkan hal yang sangat berharga sebuah pelajaran dari pengalaman yang saya alami.

Narasumber malam ini adalah ibu Widya Setianingsih, S.Ag. beliau merupakan guru di MI Khodijah Malang. Aktif di Komisi Nasional Pendidikan dan menjabat sebagai sekretaris di komnasdik cabang Malang. Selain itu penulis juga aktif di beberapa kelas menulis, seperti pernah mengikuti kelas menulis online (KMO), belajar menulis bersama PGRI, Pucuk Diksi, kelas menulis tinta dan anggota di komunitas penggiat literasi nasional.

Sudah banyak buku antologi yang beliau hasilkan semenjak bergabung dengan kelas menulis besutan Om Jay. Tidak hanya dalam menulis, narasumber pun berpengalaman sebagai kurator dan editor. Saat ini beliau menjabat sebagai pimpinan redaksi majalah sekolah yang bertajuk KHARISMA (Khadijah is my inspiration) di MI Khadijah kota Malang.

Majalah sekolah biasanya digunakan untuk menampung karya siswa. Selain itu majalah sekolah pun dapat dijadikan sarana promosi sekolah. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan baik oleh siswa, guru, kepala sekolah maupun sekolah dengan adanya majalah sekolah. Karena hal tersebut kemampuan mengelola majalah sekolah diperlukan bagi guru-guru penggerak dan pegiat literasi. Lantas bagaimana cara membuat majalah sekolah, berikut adalah ringkasan materi kelas WA Grup Belajar Menulis Gelombang 25-26.

Seluk Beluk Majalah

Menurut KBBI majalah adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.

Berdasarkan waktu penerbitannya, majalah  dibedakan atas: majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan, dan sebagainya’.

Menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, anak-anak, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan sebagainya;

Majalah Sekolah adalah majalah yang dikelola, dibuat, dan diedarkan di kalangan sekolah. Dari sekolah untuk sekolah.

Langkah-langkah menerbitkan majalah sekolah

  1. Menyatukan ide dan gagasan. Mencari teman-teman yang memiliki jiwa literasi dan organisasi. Membentuk susunan redaksi majalah.
  2. Mengajukan Proposal. Membuat proposal meliputi latar belakang, tujuan, susunan redaksi, anggaran dana dsbnya.
  3. Membuat rancangan majalah. Menentukan nama majalah, isi berita, pendanaan dll.
  4. Mencari rekanan pendukung. Percetakan, sponsor dll

Susunan Redaksi Majalah Sekolah

  • Penasehat                    : Dari Yayasan Sekolah/Komite Sekolah. Tugasnya memberikan segala pertimbangan terhadap segenap krew tentang majalah sekolah
  • Penanggung Jawab    : Kepala Sekolah. Tugasnya bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar. Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional)
  • Pimpinan redaksi         : Dari Guru yang ditunjuk. Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya.
  • Editor bertanggung jawab  swa sunting tulisan, proofreading dan mengedit semua tulisan
  • Reporter merupakan “prajurit” di bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, merupakan tugas pokoknya.
  • Fotografer tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang dibuat wartawan tulis.
  • Layout tugasnya mendesain majalah, dan tata letaknya agar menjadi tampilan komunikatif dan menarik untuk disajikan.
  • Bendahara tugasnya mengatur jalannya sirkulasi keuangan majalah sekolah

Manfaat Majalah Sekolah

  1. Sebagai sarana komunikasi sekolah dengan walimurid, dan siswa
  2.  Media komunikatif sekolah yang berisi berita-berita sekolah, informasi, pengetahuan dan hiburan.
  3.  Wadah kreativitas guru dan siswa dalam berkarya (menulis, menggambar  dll)
  4.  Sarana publikasi sekolah di masyarakat
  5.  Menjadi Kebanggaan sekolah dan menambah nilai plus sekolah terutama saat akreditasi.
  6.  Tak akan mundur, sebelum resume meluncur. Pantang menyerah sebelum buku solo tercipta.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerbitkan majalah

  1. Membuat nama majalah.

Buatlah nama yang unik, menarik dan mudah diingat. Bisa juga membuat nama majalah berupa singkatan nama sekolah, atau kata-kata yang menginspirasi.

Contoh : SMART, MUTUALISTA, KONTAK, CAHAYA. KHARISMA singkatan dari Khadijah Is My Inspiration.

2.      Menentukan artikel yang akan ditampilkan

-          Visi Misi Sekolah : Visi, misi sekolah masing-masing dituliskan di halaman 2.

-      Salam Redaksi : Kata sapaan pimred pada pembaca, menyampaikan isi majalah secara singkat, tema majalah, kondisi teraktual saat itu.

-       Berita Sekolah : Kegiatan-kegiatan sekolah, misalnya peringatan PHBI-PHBN, kegiatan sekolah dll.

-          Profil Guru : Dimuat secara bergiliran mulai dari kasek, wakasek, guru, staf pendidik.

-          Profil Siswa Berprestasi: Menampilkan siswa paling berpretasi.

-      Karya Siswa : Menampilkan tulisan siswa, puisi, cerpen, foto hasil karya siswa berupa kerajinan, gambar dll.

-     Kegiatan Siswa: Kegiatan outingclass, ataupun inclass. Misalnya outbound, praktek di kelas, unjuk kerja, game dll.

-      Kuiz berhadiah: Disesuaikan dengan jenjang kelas. Untuk SD TTS, tebak gambar, dll. Dan berhadiah.

-        Prestasi Sekolah : Menampilkan prestasi terbaru dari guru, siswa, dan sekolah.

-        Info dan pengumuman: Info ujian, libur dsbnya.

3.      Mengajukan ISSBN. Agar majalah memiliki hak paten, maka Mengajukan ISSBN sangatlah penting. Kita bisa menghubungi penerbit untuk membantu kita mendapatkan ISSBN.

4.      Menentukan Bahasa yang dipakai dalam majalah.

Sebelum menentukan bahasa yang akan kita pakai, kita harus mengetahui sasaran pasar kita yakni siswa-siswi kita dan walimurid.

Saran :

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

 Tidak menggunakan bahasa terlalu formal/kaku.

 Gunakan bahasa keseharian dan pergaulan.

Selipkan bahasa-bahasa gaul yang lagi ngetrend (asalkan harus sopan). Misalnya hay gaess, hai sobat (sapaan  untuk para pembaca)

Gunakan bahasa komunikatif sehingga seolah-olah kita sedang berbincang dengan pembaca.

5.  Carilah tema dari hal yang lagi booming atau ngetrend di lingkungan sekolah dan masyarakat. Isue-isue keseharian yang sedang booming di lingkungan sekolah dan masyarakat bisa kita gunakan sebagai tema. Misalnya :

-          Tetap Berprestasi di Masa Pandemi.

-          Semakin Berilmu Semakin Berakhlak

-          Lets go green

-          Raih Mimpi Setinggi Bintang

-          Hold Your Star

6.      Cover dan Layout Menarik.

Fungsi dari cover majalah adalah untuk melindungi isi majalah.

Mencerminkan tema dan isi majalah. Karena itu tampilan cover harus menarik pembaca.

Hal yang perlu diperhatikan dalam Layout dan tata letak majalah.

Dibuat sesuai tema dan tingkatan usia pembaca (SD, SMP, SMA).

Praktis, simple, menarik dan memuat seluruh artikel dengan penataan padat tapi tidak sumpek.

Carilah guru yang berkompeten di IT sebagai tenaga layout dengan menggunakan aplikasi Corel.

Untuk cetak majalah tidak semuanya kita cetak warna, hal ini untuk menekan budget agat tidak terlalu tinggi. Bisa 8 halaman saja yang di cetak warna, yang lainnya cukup hitam putih saja.

7.      Pembiayaan

Pembiayaan digunakan untuk:

-          Biaya cetak majalah

-          Membayar HR crew

-          Pembelian hadiah kuiz dll

 Pembiayaan cetak majalah bisa di bagi menjadi 3.

a.         Murni dari siswa

Siswa membeli majalah (dimasukkan di daftar ulang atau SPP)

b.        BOSDA

Pembiayaan majalah bisa diambilkan dari dana BOSDA dengan kode rekening biaya cetak/penggandaan dan membayar honorarium.

c.         Sponsor.

Bisa dengan menggandeng  walimurid yang ingin beriklan tentang usahanya dengan memasang iklan tersebut di majalah.

Langgeng tidaknya suatu majalah tergantung crew yang ada di dalamnya.

Karena itu seleksi awal sebelum memilih crew syarat utama: Carilah orang2 pencinta literasi  yang ikhlas bekerja tanpa mengharapkan imbalan

8.      Percetakan

Tidak bisa dipungkiri percetakan merupakan faktor penting adanya majalah secara fisik.Akan tetapi bila tidak memungkinkan majalah dicetak karena beberapa hal misalnya pendanaan, situasi tidak bisa tatap muka karena pandemi maka majalah bisa juga disampaikan dalam bentuk online. Misalnya dishare dalam bentuk PDF melalui WhatsAp, Web sekolah, IG, Facebook dll. Bisa juga melalui aplikasi flipbook atau photoshop.

9.      Pupuk Kekompakan Team

Ibaratnya tubuh maka crew majalah adalah bagian team yang memiliki tugas SAMA PENTING nya. Oleh karena itu team harus solid, terus pupuk kekompakan team. Saling mendukung dan mengisi kekurangan satu sama lain adalah kunci langgengnya sebuah team.

10.  Upgrade Ilmu Secara Kontinue. Agar majalah selalu Uptodate maka harus ada jadwal untuk mengupgrade ilmu bagi para crew. Misalnya pelatihan menulis, pelatihan aplikasi Corel,Photoshop untuk layout dll dengan memberdayakan teman sejawat atau mendatangkan narasumber ahli.

Di akhir materi narasumber menutup pemaparan dengan berbagai kata motivasi yang intinya menyemangati guru untuk selalu semangat belajar dan semangat berjuang untuk berusaha menghadapi kegagalan.

5 komentar:

SOAL ULANGAN HARIAN TEMATIK KELAS 1

Kerjakan soal berikut ini! Memuat…